Cake Klasik - UmmiSarina.com
Monday , 11 December 2017

Cake Klasik

Cake klasik

Bener2 trial n error nih…

Akhirnya sampai pada komposisi yang pas…Yang pengen nyoba ga nyesel deh…

Lumayan….simple dan ekonomis juga, ga pakai2 DCC…dan BTP..

Bahan :

  • 5 butir telur
  • 225 g gula pasir
  • 100 g terigu
  • 75 g coklat bubuk
  • sedikit garam
  • 4 sdm minyak sayur
  • 3 sdm mentega cair
  • 1 sachet SKM coklat atau putih
  • 1 1/2 sdm susu bubuk seduh dengan 2 sdm air hangat

Cara membuatnya :

  • Siapkan loyang 24x24x6 atau loyang brownies 2 bh, oles mentega alas kertas, oles lagi.
  • Panaskan oven 190’c.
  • Ayak terigu dan bubuk coklat, beri garam, sisihkan.
  • Campurkan minyak dan mentega cair jadikan 50 ml (kalau masih kurang, tambahkan minyak saja )
  • Mixer telur dan gula, sampai bener2 kembang dan kental dengan kecepatan mixer full.
  • Turunkan kecepatan mixer ke yg paling rendah, masukkan terigu sedikit2, selingi dengan susu cair, dan SKM, aduk rata dari atas kebawah.
  • Matikan mixer, tambahkan mentega cair, aduk rata dari bawah keatas pakai spatula.
  • Tuang keloyang, hentakkan loyang 1 kali agar tidak ada udara yang terperangkap ( yang membuat kue menggelembung ditengah ).
  • Panggang 35 m atau kukus 30 m, tes tusuk, bila tidak lengket pada lidi, berarti sudah mateng, angkat.

Note :

Bila di panggang, pakai oven listrik, nyalakan api atas dan bawah, setelah bagian atas kering, matikan api atas.Di rak tengah.

Kalau pakai otang, buka tutup lubang diatas, +/- 7 m, tutup kembali, dengan api sedang dan rak tengah saja.Semoga bermanfaat.

 

Check Also

Kolak Susu

Bosan dengan kolak pisang yang pakai santan gula merah? Kita buat yang pakai susu aja …

One comment

  1. Assalamu’alaikum ummi… udah lama naksir cake yang ini… sayangnya ga punya loyangnya… kalo pake loyang yang bulat ato loyang muffin bisa apa gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *