Potato Donut - UmmiSarina.com
Monday , 11 December 2017

Potato Donut

Potato Donut

 

Kalau dilihat, donat ini gak cantik ya…emang menul sih dan bercincin juga, walau samar, tapiii, lembutnya itu lo yang buat sidonat ini habis dengan sekejap..

Saya ingin berbagi sedikit dengan para pemula yang masih suka gagal buat donat.Sebenarnya donat kentang Bu Fatmah ini anti gagal, bila komposisi bahan tepat dan pas dan ikutin cara profing yang cukup dengan waktu yang sudah ditentukan, kalau kelewatan lama profing, wah wah donat jadi berkulit ( ini pengalaman saya ).

Kalau kita mengaduk bahan dengan mixer spiral, mix dengan speed rendah saja, kalau pakai tangan…ya jelas aja ngadonnya seperti bilas baju, berulang2, pegel dan capek deh.

Untuk menggoreng donat, kita gunakan api sedang, memanaskan minyak pun, jangan sampai panas sekali, karena begitu adonan masuk, langsung warnanya coklat ( seperti digambar saya hehe ),rasakan uap panas minyak pada telapak tangan, jika terasa sdh panas , adonan bisa digoreng.

Untuk dapetin cicin, yang jadi ciri khas donat sukses, masak pakai teflon dengan dasarnya yang rata, dan minyak jangan terlalu banyak juga.Begini lah cara saya…untuk lebih jelasnya, mungkin bisa tanya lebih detail ke Bu Guru ( Bu Fatmah Bahalwan ).

Donat Kentang

By Bu Fatmah

Eksekusi By Me

Bahan :

  • 250 g terigu cakra
  • 25 g susu bubuk
  • 1 /2 bks ragi instan
  • 100 g kentang kukus, haluskan.
  • 50 g gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 50 ml air es
  • 30 g mentega
  • 1/2 sdt garam

Caranya :

  • Campur dalam wadah. terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, kentang, kuning telur, tambah air es, mix spiral sampai rata, matikan mixer, gumpalkan adonan dengan tangan, tekan2, mier lagi sampai lembut dan tekstur lentur, tambahkan mentega dan garam, mixer sampai halus dan licin ( terlihat tidak ada lagi gerindil adonan ).
  • Keluarkan adonan, pindahkan ke alas potong yang sudah ditabur tipis terigu, ulen seperti bilas baju, dengan dibalik2 ya, cukup 3 m aja, bulatkan adonan, diamkan dalam wadah tertutup 15 m.
  • Kempiskan adonan, bilas lagi diatas papan alas potong, bagi2 adonan, ┬átimbang adonan 25 g, bulatkan, dengan cara mencubit keatas, sambil membentuk bulatan, licinkan dengan kedua tapak tangan,( feeling aja deh ), susun di loyang, diamkan 15 m.
  • Panaskan minyak, dengan api sedang, cetak tengah adonan dengan menusukkan sumpit, dan diputar dengan bantuan telunjuk, masukkan dengan cara terbalik ya ( yg bagian atas kita tusuk tadi, saat akan masuk wajan jadi di bagian bawah ), sambil lubangnya diputar dengan sumpit.
  • Goreng sampai kuning keemasan, balik, kalau warnanya sdh sama, angkat.

Check Also

Roll cake batik

Cake gulung ini, termasuk cake yang sederhana, teksturnya pun soft banget.Kalau dah bikin sekali…bakal pengen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *